arsitektur komputer

1 Apr

ARSITEKTUR KOMPUTER

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Di dalam komputer terdapat berbagai komponen yakni komponen input, komponen proses, dan komponen output.

 

 

Gambar skema komputer

1)     Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.

Jenis-jenis input device antara lain:

a)      Keyboard

     Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts.

b)      Mouse

Adalah alat yang berfungsi sebagai petunjuk arah serta mengaktifkan beberapa program dengan jalan mengklik tombol yang ada pada alat tersebut.

c)      Scanner

Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto kopi.

d)      Mic (Microphone) dan Headphone

Berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara

e)      Light pen

Digunakan dalam bidang reka bentuk pengeluaran atau CAM (Computer Aided Manufacturing).

 

2)      Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit system computer yang lain dan mengubah input menjadi output.

  • Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program.
  • Control unit (unit pengendali), Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
  • Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
  • Arithmatika   and   logical Unit(ALU), yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.

3)     Secondary storage    (penyimpanan sekunder),    menyedikan tempat   untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.

4)     Unit Output, mencatat hasil pengolahan.

Jenis-jenis output antara lain:

a)      Monitor

Monitor merupakan alat keluaran yang memberikan tampilan  visual kepada pengguna komputer.

b)      Infocus
     Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan objek lain sebagai media penerima pancaran signal-signal gambar yang dipancarkan.

c)       Printer

     Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas.

d)         Speaker

              Speaker merupakan perangkat keluaran yang menghasilkan suara, di mana suara tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card (kartu suara).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: